Filsafat Hidup Wong Jowo

Ketika aku sedang ngobrol sama temanku aku mendapatkan tambahan pengetahuan tentang filsafat hidup orang jawa.Jadi orang jawa jaman dulu mempunyai pandangan bahwa jika seseorang ingin sempurna dalam hidupnya maka dia harus memenuhi/mempunyai 5 hal yaitu:

1.PEKSI (burung)
orang jawa jaman dahulu pasti memelihara burung (burung dalam arti sesungguhnya loh..),biasanya adalah burung perkutut.orang memelihara burung perkutut karena suara burung perkutut mempunyai suara yang merdu.jadi diharapkan kita sebagai manusia juga mempunyai suara yang bagus,dalam artian dalam berbicara harus tau tata krama dan adat,berbicara tidak dengan suara sombong.Jadi bukan yang seperti dilakukan kebanyakan orang saat ini,mereka menganggap dengan memelihara burung perkutut maka kehidupan mereka sempurna.

2.WANITA
wanita disini bukan berarti untuk sempurna hidupnya seseorang harus memiliki istri yang cantik atau harus mempunyai banyak istri.akan tetapi yang dimaksut disini wanita dalam arti kias.wanita identik dengan cinta kasih dan kelembutan.jadi dalam hidupnya manusia hendaknya harus memiliki rasa cinta kasih dan kelembutan,tidak disertai dengan nafsu amarah dan angkara murka.

3.CURIGA (keris)
orang jaman dulu pasti memiliki keris yang digunakan sebagai senjata untuk mempertahankan diri.tapi bukan berarti untuk sempurna sesorang harus mempunyai senjata.akan tetapi yang dimaksut disini adalah orang juga harus mempunyai rasa curiga atau waspada sama orang lain,ngga asal menurut supaya terselamatkan dari tipu musliat orang lain.

4.TURANGGA (kuda)
kuda merupakan sarana transportasi jaman dahulu.tapi bukan berarti untuk menjadi sempurna seseorang harus mempunyai kendaraan yang mewah dan banyak.tetapi kuda meruakan perlambang pengendalian (karena jika orang menaiki kuda maka dia akan memegang tali pengendali).jadi jika ingin sempurna sesorang harus bisa mengendalikan diri dari semua nafsu yang menguasai diri manusia.

5.WISMA (rumah)
yang dimaksut rumah bukan rumah yang mewah ataupun jumlah rumah yang banyak.akan tetapi rumah disini dimaksutkan untuk mengingatkan bahwa manusia juga akan kembali kerumah atau asal manusia,yaitu kepada Sang Pencipta (Tuhan).karena menurut orang jawa :wong urip kui ger mampir ngombe (hidup manusia itu cuman mampir minum ) yang berarti orang hidup itu cuman sebentar seperti orang yang bertamu/mampir untuk minum menghilangkan rasa haus.

Iklan

13 Komentar

  1. Menakjubkan ya akal budi manusia. Ia bisa menemukan kebijakan-kebijakan universal yang bisa diterima oleh siapapun yang berakal sehat. Filsafat Wong Jowo itu kuyakin diakui oleh wong-wong lain di dunia, kecuali jika wong-wong itu sudah kehilangan akal sehatnya!

    • yA..KITA YANG LAHIR DI jAWA TAPI BESAR DI kALIMANTAN INI… KEPINGIIIN BUANGGGET BELAJAR FILSAFAT JAWA…TAPI….SOPO SING AREP NGAJARI YOOO?…

  2. weleh2, koe iki nulis opo tho le, dasar lo “pancen ora memper”…hehehe…

  3. yo bener kuwi mas………..

  4. Terima kasih atas Informasi yang di berikan, teruslah mendapatkan informasi tentang falsafat hidup…

  5. saya sangat setuju dengan falsafah itu. Dan saya jadikan itu dalam kriteria memilih jodoh yang terbaik.

  6. wah menarik sekali sob, poin 1 sampe 5 minta ijin dibawa pulang bwt oleh2 d rumah sob, thanks for share! 😀

  7. weee… lha dalah… tulisan yang bagus.. lima prinsip yang membimbing menuju kesempurnaan versi orang jawa… hehehe… namun ada juga lima kebiasaan yang menuntun pada kebinasaan… itulah yang disebut MOLIMO : maling-main-madon-madat-mabok.. salam sukses….

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

  8. ada gak kriteria perkutut yg bagus menurut filsafat

  9. aku ni Wong turunan Sunda + Jawa temen2 bilang ci Jasun JawaSunda. besar di 2 budaya Jawa + Sunda sdikit bingung tvi seru bnyak kesamaan nya maksih saya bisa membandingkan ternyata bnyak kesmaan nya to. waturnuwun sanget monggo. boleh kan saya mampir lgi

  10. lelampahaning tiyang gesang engkang nembe dipun lampahi kados pundi kawontenanipun bingah/sisah. Punika punapa pancen sampun ginarising tiyang gesang? kados pangandikanipun Gusti bilih sakdurunge kowo ana aku wis ngrancang kalamun kowe bakal ana. Nyuwun wawasanipun. Matursembahnuwun


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




  • Powered by  MyPagerank.Net
    hit counter
  • Allah kadang-kadang menggunakan cobaan-cobaan ringan untuk membuat kita menengadah kepadaNya. Seringkali Allah melimpahi kita dengan Rahmat, Hidayah dan Anugerah yang tak terhingga tetapi itu tidak cukup untuk membuat kita menengadah kepadaNya Personal (Thoughts) - TOP.ORG Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory Top Global Site 100 Blog Indonesia Terbaik Blog Directory by Blog Flux Personal Blogs Personal Blogs - Blog Rankings
    Add to Technorati Favorites
  • RSS Info Property

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.